Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

MENGHORMATI bukan hanya perlu dilakukan anak kepada orang tua, tetapi menghormati sangat penting dilakukan oleh orang tua kepada anak-anaknya. Menghormati anak bukan berarti menghilangkan kendali orang tua, namun justru membangun rasa aman dan nyaman pada anak.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Psychological Science, anak-anak yang memiliki secure attachment dengan orang tua sejak usia dini, akan mengembangkan pengendalian diri yang lebih baik dan mengarah pada kinerja yang lebih baik pula di sekolah, hingga satu dekade kemudian.

Nah, mengutip laman Instagram School of Parenting, begini baiknya Bunda menghormati anak:

  • Dengarkan ide-ide atau opini anak tanpa perlu mengoreksi

Belajarlah untuk mendengarkan anak dengan seksama. Kalau perlu, hentikan semua pekerjaan yang sedang dilakukan. Saat anak mulai bercerita, tidak perlu merespon secara mental. Biarkan ia menyelesaikan ceritanya dan tanyakan apa perasaannya.

  • Mintalah saran dan bantuan dari anak

Sesekali, ajak anak untuk berdiskusi tentang hal-hal mudah, seperti pekerjaan rumah. Jika perlu, mintalah bantuannya untuk meringankan pekerjaan Bunda. Meskipun masih kecil, anak tetap memiliki ide-ide kritis dan bisa membantu pekerjaan orang tua.

  • Biarkan anak fokus saat bermain atau bereksplorasi tanpa diganggu

Saat anak sedang bermain, ada baiknya Bunda memantau saja dari kejauhan. Biarkan mereka fokus dengan permainnya, sehingga ia mampu mengembangkan kreativitas tanpa perlu ada gangguan.

  • Izinkan anak memilih dan libatkan ia untuk memilih rencana akhir pekan

Biarkan anak-anak memilih apa yang menjadi keinginannya, misalnya memilih baju yang hendak dipakai, memilih sekolah yang diinginkan, atau apapun. Libatkan pula mereka untuk memilih liburan di akhir pekan.

  • Hindari melanggar batas yang mereka buat

Terkadang anak ingin memiliki privasinya sendiri, seperti tidak ingin diganggu atau tidak ingin dicium. Hargai keinginannya itu dan tidak perlu mencari tahu apa yang sedang terjadi, secepat mungkin. Biarkan anak tenang dan setelah itu baru Bunda tanyakan apa yang sedang terjadi.

Bunda, menghormati anak tidak lantas membuat orang tua menjadi rendah. Menghormati anak sama dengan mengajarkannya untuk lebih mawas diri dan mengembangkan empati terhadap orang lain.

Menghormati anak juga akan membantunya memiliki sikap yang tegas. Jadi, belajarlah untuk menghormati anak dengan cara yang Bunda mampu.




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting